Tegang, Jet - jet Tempur China Dekati Wilayah India

Pesawat-pesawat jet tempur China saat melakukan manuver akrobatik. Foto/REUTERS/Stringer


BEIJING -  Angkatan Udara China telah mengerahkan sejumlah pesawat jet tempur ke wilayah perbatasan yang dekat dengan India. Aksi pamer kekuatan udara itu terjadi saat ketegangan kedua negara sedang meningkat.

Beberapa jet tempur J-10 dan J-11 China pada Selasa pekan lalu terdeteksi bermanuver di wilayah China barat yang dekat dengan wilayah India. Militer Beijing melalui website Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengonfirmasi latihan jet-jet tempur dalam sebuah artikel dan foto.

India juga terlihat menyiagakan banyak pesawat tempur Su-30 MKI di dua pangkalan udara dekat Doklam—wilayah perbatasan dekat China.

Manuver jet-jet tempur China itu dianggap para pakar sebagai persiapan konfrontasi dengan India.

Song Zhongping, mantan instruktur untuk Korps Artileri Kedua PLA, mengatakan bahwa pengerahan J-10 dan j-11 China adalah sebuah tanda bahwa Beijing mencoba untuk meningkatkan pertahanannya di wilayah tersebut untuk menghadapi ancaman dari India.

J-11 memiliki jarak tempuh 1.500 km, yang dapat diperpanjang dengan tangki bahan bakar tambahan. Sedangkan jet tempur J-10 memiliki jarak tempuh 1.850km.

”Upgrade di Western Theatre Command sangat mendesak karena di wilayah barat China, hubungan dengan India telah tegang karena masalah perbatasan, dan tanpa ada resolusi yang terlihat,” kata Song

”India sudah siap, jadi perlu bagi China untuk mempersiapkan kemungkinan konfrontasi militer,” katanya, seperti dikutip South China Morning Post, Jumat (23/2/2018). ”Dan di daerah pegunungan ini, superioritas di udara sangat penting.”

Zona barat PLA meliputi Tibet, Sichuan, Gansu, Ningxia, Qinghai, Xinjiang dan Chongqing.

China pernah marah ketika Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan ke wilayah perbatasan yang disengketakan kedua negara.

Adam Ni, seorang peneliti militer dari Australian National University, mengatakan bahwa pangkalan udara barat China terletak di dataran tinggi dengan kabut rendah, sehingga menjadi lingkungan yang sulit bagi angkatan udara untuk beroperasi.

”Penyebaran jet baru-baru ini adalah bagian dari upaya terpadu untuk memperbaiki kekuatan udara China, yang pada awalnya merugikan India karena pemandangan alamnya,” katanya. 

”Namun, kerugian ini diimbangi oleh keuntungan kuantitatif dan kualitatif yang dapat dikhawatirkan oleh angkatan udara China dalam konflik yang berkepanjangan,” ujarnya.


Ni menambahkan bahwa China mencoba membangun superioritasnya itu dengan mengembangkan dan menerapkan jet tempur canggih serta memperbaiki logistik, pangkalan dan teknologinya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengabaikan informasi pengerahan jet-jet tempur Beijing ke dekat wilayah India. ”Saya tidak mengetahui informasi yang Anda sebutkan, saya bisa merujuk Anda ke militer,” katanya dalam sebuah pernyataan. 

”Kami berharap pihak India dapat bekerja sama dengan China untuk menegakkan perdamaian dan ketenangan daerah perbatasan karena ini kepentingan bersama kedua belah pihak,” lanjut dia. (mas/sindonews.com)

Disqus Comments