Setia, Anjing Ini Jaga Makam Tuannya Selama 12 Tahun hingga Mati

Capitan, anjing di Argentina yang setia menjaga makam tuannya selama 12 tahun hingga akhirnya mati di pemakaman yang sama. Foto/Huffington Post

BUENOS AIRES - Seekor anjing di Argentina jadi pembicaraan publik karena kesetiannya yang luar biasa kepada pemiliknya yang telah meninggal sejak tahun 2006. Anjing itu menjaga dan terus menatap makam tuannya selama 12 tahun hingga akhirnya mati di pemakaman yang sama.

Publik Argentina ikut berduka atas kematian anjing setia bernama Capitan tersebut. Pihak berwenang diharapkan mengizinkan anjing tersebut dikuburkan di dekat tuannya.

Anjing blasteran ras Jerman berumur 16 tahun itu ditemukan mati setelah kondisi kesehatannya menurun.

Menurut laporan media lokal pada hari Selasa, 20 Februari 2018, Capitan telah dikenal di Kota Villa Carlos Paz, Argentina karena kesetiaannya yang tak habis-habisnya kepada sang pemilik Miguel Guzmán, yang meninggal dunia pada 2006.

Guzmán memberikan anjing itu kepada anak laki-lakinya yang berusia 13 tahun; Damien, pada tahun 2005. Namun, sejak kematian Guzman, anjing itu hilang dari keluarga Guzman.

Keluarga Guzman mengira Capitan pergi untuk selamanya. Namun, seminggu kemudian keluarga tersebut mendatangi makam Guzman dan terkejut melihat Capitan menjaga makam tuannya.

Janda Guzmán, Veronica, mengatakan kepada surat kabar Cordoba bahwa dia tidak tahu bagaimana anjing tersebut menemukan makam suaminya.

”Kami mencarinya, tapi dia menghilang,” katanya. ”Kami pikir dia pasti tertabrak dan mati. Hari Minggu berikutnya kami pergi ke pemakaman dan Damian mengenali hewan kesayangannya. Capitan mendatangi kami, menggonggong dan meratap, seolah-olah dia sedang menangis,” ujar Veronica, seperti dikutip IB Times, Kamis (22/2/2018).

”Kami tidak pernah membawanya ke pemakaman, jadi ini adalah misteri bagaimana dia bisa menemukan tempat itu. Kami kembali ke hari Minggu berikutnya, dan dia ada di sana lagi. Kali ini, dia mengikuti kami pulang dan menghabiskan banyak waktu bersama kami. Tapi kemudian kembali ke pemakaman sebelum hari mulai gelap. Kurasa dia tidak ingin meninggalkan Miguel sendirian di malam hari.”

Damian mencoba membawa anjing pulang beberapa kali, tapi anjing itu langsung kembali ke pemakaman untuk “menjaga” ayahnya.

Menurut direktur pemakaman Hector Baccega, Capitan muncul suatu hari dan berkeliaran sampai berhenti di makam tuannya. Hewan itu sering berjalan-jalan di sekitar pemakaman di siang hari, tapi selalu kembali ke makam pada pukul 18.00 sore, dan tinggal di sana sepanjang malam.

Capitan menjaga kuburan hampir 12 tahun. Petugas pemakaman, Maria Clot, mengatakan kepada media lokal; "Saya tidak pernah melihat kesetiaan seperti itu.”(mas/sindonews.com)

Disqus Comments